Hadapi Persaingan di Era Milenial, LKP Harus Terintegrasi dan Memiliki Karakteristik

2
57

Hadapi Persaingan di Era Milenial, LKP Harus Terintegrasi dan Memiliki Karakteristik

Persaingan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP), diera milenial seperti saat ini menjadi tantangan pengelola sebuah Lembaga Kursus untuk bisa tetap survive (bertahan), tidak dapat dipungkiri, bahwa Lembaga Kursus dan Pelatihan, selain sebagai lembaga sosial juga sebagai lembaga profit.

Namun untuk membangun lembaga kursus yang kuat dan berdaya saing, lembaga Kursus harus memiliki karakteristik yang sama dengan membangun bisnis.

“Saat ini kondisi lembaga kursus mengalami degradasi atau penurunan minat, banyak LKP yang akhirnya berkutat pada digital marketing saja, padahal, masih banyak komponen lain yang bisa meningkatkan kualitas LKP itu sendiri,” ujar Ketua Umum Gradasi Indonesia Bang Oni SH.

Menurut Bang Oni, komponen lain yang dibutuhkan dalam membangun bisnis LKP adalah harus kokoh, integral dan saling berkaitan satu sama lain dengan LKP lainnya, mulai dari pengelolaan siswa, pendidik, tenaga kependidikan, keuangan, pemasaran maupun sarana prasarana.

“Kurikulum dalam LKP, haruslah terintegrasi dengan LKP lain dalam satu sistem, dan ini sudah menjadi keharusan, sehingga semuanya memiliki daya dukung bagi pencapaian standar akreditasi,” tambah Bang Oni

Oleh karenanya, Bang Oni menilai, perlu adanya Training of Trainer (ToT) bagi pengelola LKP untuk menguasai sistem managemen kursus. “Kami membuka diri kepada pengelola LKP untuk mencapai kejayaan dan membangun bisnis yang kuat serta memiliki daya saing, sudah saatnya untuk membuka mindset untuk selalu berbenah,” bebernya.

Sementara itu Wasekjen 2 DPP Gradasi Indonesia Putra Daerah Madiun, Kang Ben, sapaan akrab Kusbeni Abdulloh menyampaikan, melalui Gebyar Gradasi 2019, mengajak pengelola LKP untuk mengikuti Seminar dan TOT Sistem Managemen Kursus (SIMAK), dimana dalam kegiatan ini, peserta akan mendapatkan materi mulai dari Launching Simak, sistem e-managemen kursus, Sosialisasi LSK Teknisel Indonesia, TOT, dan juga Outbond yang akan diikuti oleh seluruh peserta se-Indonesia.
“Kegiatan ini nanti akan dipusatkan di Bukit Sakipan Tawangmangu Jawa Tengah serta mendapat dukungan penuh dari Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan dari Kemendikbud RI, dan untuk peserta yang berminat bisa menghubungi nomor whatsapp pendaftaran Memet 0818-251-403 dan Sari : 0821-8330-0904,” pungkas Kang Ben.

2 KOMENTAR

  1. Siap atau tidak siap suka atau tidak suka kita harus mampu mengikuti dan memanfaatkan kemajuan teknologi digital. “Zaman selalu berubah, yang mampu mengikuti perubahan akan sukses, sebaliknya yang tidak mau mengikuti perubahan akan terlindas oleh perubahan”.
    Penglola LKP harus mau dan mampu mengikuti perubahan yang seba digital pada zaman milenial ini, Jika ingin bertahan dan Sukses.
    Wassalam “Drs.Mhd.Sofian.M.Si
    Pimpinan LKPKP MENTARI Kota Tebing Tinggi,Sumatera Utara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here