Pemkot Madiun Siap Beri Suntikan Dana PD Aneka Usaha

0
56

Madiun : Pemerintah Kota Madiun siap memberikan suntikan dana terhadap Perusahaan Daerah (PD) Aneka Usaha yang sampai saat ini belum memberikan pendapatan optimal kepada pemda. Padahal, BUMD milik pemkot itu digadang-gadang mampu menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Walikota Madiun, Sugeng Rismiyanto mengaku akan terus melakukan evaluasi terhadap PD Aneka Usaha yang memiliki tiga unit kerja, yakni SPBU, Bengkel dan Percetakan. SPBU diyakini sudah berjalan optimal, hanya saja keuntungan yang diperoleh dari dua unit usaha lain masih minim.

“Siap (memberikan dana.red) tapi pakai aturan-aturan yang ada. Kita juga melihat perkembangannya, kita nggak s erta merta menggelontorkan (anggaran.red),” ungkap Sugeng Rismiyanto, Senin (17/9/2018).

Sementara itu Direktur PD Aneka Usaha, Sutrisno mengungkapkan, kondisi awal perusahaan diakui kurang sehat atau mati suri. Dati tiga jenis usaha yang dimiliki, Sutrisno memprioritaskan untuk membenahi pengelolaan SPBU yang diklaim mampu menghasilkan pendapatan lebih cepat, sedangkan perbaikan yang dilakukan tidak mengeluarkan biaya tinggi. Sementara omset yang diperoleh dari usaha percetakan dan bengkel, diakui belum optimal.

“Untuk percetakan target saya jangan rugi, karena memang kondisi mesinnya sudah tua, kemudian teknologinya juga sudah berganti. Tapi kalau itu sampai ditutup ya sayang juga,” kata Sutrisno.

Berbeda dengan SPBU dan Percetakan, usaha bengkel justru dikelola pihak ketiga. Pemkot Madiun hanya mendapat omset dari sewa tempat, sedangkan alat-alat perbengkelan murni milik penyewa. Selama ini, usaha bengkel hanya mampu menyumbang PAD sekitar Rp15 juta setiap tahun.

“Nggak banyak kok, ya hanya segitu per tahun,” tandasnya.

copy right :

http://rri.co.id/madiun/post/berita/572049/daerah/pemkot_madiun_siap_beri_suntikan_dana_pd_aneka_usaha.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here