KPU Kota Madiun Mulai Siapkan Logistik Pilkada Serentak

0
125

Madiun: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Madiun telah menyiapkan sejumlah logistik untuk pemilihan walikota (pilwakot) Madiun dan pemilhan gubernur (Pilgub) Jawa Timur. Kebutuhan kotak suara dan bilik suara dipastikan sama, masing-masing TPS akan ada dua kotak suara dan dua bilik suara.

Ketua KPU Kota Madiun, Sasongko mengatakan, dua kotak suara di setiap TPS, nantinya digunakan untuk dua surat suara berbeda, yakni pilwakot dan pilgub. Karena itu, jumlah bilik suara yang disiapkan KPU sebanyak 620 unit dan kotak suara juga 620 unit.

Jumlah itu, disesuaikan dengan jumlah TPS di Kota Madiun sebanyak 310 TPS, termasuk dua diantaranya di lembaga pemasyarakatan (lapas).

“Jadi di Madiun itu kan ada dua lapas, Lapas Klas I dan Lapas Pemuda Klas II-A Madiun, nah itu kita jadikan dua TPS. Jadi nanti disana kita sediakan masing-masing 1 kotak suara untuk pilwakot dan 1 kotak suara untuk pilgub,” ungkap Sasongko, Selasa (22/5/2018).

Sementara itu, Komisioner KPU Divisi Logistik, Wisnu Wardhana menuturkan, pihaknya saat ini masih melakukan proses pengadaan sejumlah logistik lain, diantaranya formulir, segel atau gembok, sampul, karet, bantalan, alat coblos serta tinta.

“Ini masih proses pengadaan. Kalau target ya sebelum lebaran bisa tercukupi. Setelah lebaran nanti kalau memang ada yang belum terpenuhi, kita lakukan pengecekan losgistik di kotak suara,” kata Wisnu.

Dijelaskan, saat ini KPU Kota Madiun sudah menyiapkan kotak suara untuk perhelatan pilkada serentak, 27 Juni mendatang yang tertata rapi di belakang kantor serta halaman KPU sisi selatan. Pun, bilik suara juga sudah dilipat berjajar dengan sebagian kotak suara. (EW)

copyright by: RRI MADIUN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here