Pemkot Madiun Bersih-Bersih Sungai Hadapi Penilaian Adipura

0
34

Madiun : Pemerintah Kota Madiun terus melakukan persiapan menjelang penilaian Adipura oleh pemerintah pusat. Salah satu upaya yang dilakukan diantaranya bersih-bersih sungai oleh petugas Dinas Lingkungan Hidup dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Senin (24/9/2018).

Kepala BPBD Kota Madiun, Agus Hariono mengatakan, selain menghadapi penilaian Adipura, bersih-bersih sungai dilakukan untuk mengantisipasi banjir, karena saat ini memasuki musim penghujan. Agus menuturkan saat melakukan pembersihan di Bengawan Madiun, petugas menemukan sampah yang menumpuk, terutama berasal dari limbah rumah tangga.

“Yang kelihatan sekali kan sampah plastik di bantaran itu (Bengawan Madiun.red), karena kan banyak warung-warung yang bermunculan. Apalagi kotoran seperti perpers bayi dan sampah di dalam kresek itu dilempar begitu saja oleh masyarakat dari atas jembatan, akhirnya banyak sampah yang menumpuk,” ungkap Agus, Senin (24/9/2018).

Agus menuturkan, sampah yang telah terkumpul selanjutnya diangkut menggunakan kendaraan DLH ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Winongo. Selain di Bengawan Madiun, petugas juga melakukan pembersihan di sungai-sungai kecil, agar aluran air tidak terhambat.
Dijelaskan, Kota Madiun selama ini telah meraih penghargaan Adipura kali ke-13. Terakhir, penghargaan bergengsi dibidang kebersihan itu, diterima langsung Walikota Madiun, Sugeng Rismiyanto dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya, di Auditorium Gedung Manggala Winabakti, Jakarta, Rabu (2/8/2017) lalu. Harapannya, tahun ini Kota Madiun kembali meraih penghargaan Adipura untuk kali ke-14.

Copy right :
http://rri.co.id/madiun/post/berita/575359/daerah/pemkot_madiun_bersihbersih_sungai_hadapi_penilaian_adipura.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here