Disnaker Imbau Perusahaan Cairkan THR Keagamaan H-7 Lebaran

0
56

Madiun: Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Madiun menghimbau seluruh perusahaan memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) keagamaan kepada karyawannya, paling lambat tujuh hari sebelum Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah.

Kepala Disnaker Kota Madiun, Suyoto mengatakan, himbauan tersebut tertuang dalam surat edaran Menteri Ketenagakerjaan No.2 tahun 2018 tentang pembayaran THR Keagamaan, yang diterima dari Gubernur Jawa Timur pada Rabu (23/5/2018). Sementara sesuai Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016, pemberian THR keagamaan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh pengusaha atau pemberi kerja kepada pekerja atau karyawan.

Suyoto menyatakan, THR tersebut diberikan kepada seluruh karyawan, baik tetap, kontrak maupun pekerja sesuai Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu (PKWTT) atau PKWT. Pemberian THR didasari masa kerja, bukan statusnya di perusahaan. Bagi perusahaan yang tidak memberikan THR kepada karyawan, akan diberikan sanksi berupa denda.

“Untuk perussahaan yang tidak memenuhi hak-hak karyawan terkait dengan THR, maka akan dikenakan denda 5 persen dari jumlah total THR keagamaan dan harus dibayar sejak berakhirnya batas waktu kewajiban pengusaha untuk membayar,” ungkap Suyoto, Kamis (24/5/2018).

Sesuai surat edaran Menaker No.2/2018, THR Keagamaan diberikan kepada pekerja/buruh yang telah mempunyai masa kerja 1 bulan secara terus-menerus atau lebih. Kemudian, pekerja/buruh yang mempunyai hubungan kerja dengan pengusaha berdasarkan PKWTT atau PKWT. Besaran THR bagi pekerja/buruh yang telah mempunyai masa kerja 12 bulan atau 1 tahunsecara terus-menerus atau lebih diberikan sebesar 1 kali gaji pokok.

Sementara, bagi pekerja/buruh yang telah mempunyai masa kerja 1 bulan secara terus-menerus tetapi kurang dari 12 bulan, THR Keagamaan diberikan secara proporsional. Adapun hitungannya, masa kerja dikali besarnya upah 1 bulan dibagi 12.Apabila perusahaan menetapkan nilai THR lebih besar di dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan ,maupun perjanjian kerja bersama, maka THR yang dibayarkan harus sesuai perjanjian yang dibuat. (EW)

copyright by :

http://www.rri.co.id/madiun/post/berita/531751/daerah/disnaker_imbau_perusahaan_cairkan_thr_keagamaan_h7_lebaran.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here